Tips mengatasi hubungan yang tidak direstui

http://athrunzara.files.wordpress.com/2009/05/broken-heart.jpg?w=160&h=241Memiliki kekasih yang Anda harapkan menjadi pendamping hidup Anda atau seseorang yang Anda harapkan akan menjadi teman Anda menghabiskan sisa hidup Anda, memang merupakan hal yang sangat indah. Namun manusia hanya ditakdirkan untuk merencakan, Alloh-lah yang menentukan segalanya, termasuk mulusnya hubungan Anda dan pasangan.Bagaimana bila ternyata orang tua Anda atau orang tua kekasih Anda tidak menyetujuinya? Mungkin Anda seakan-akan tengah berhadapan tembok besar yang kokoh dan mustahil untuk diruntuhkan.

Berikut ini adalah Tips Mengatasi Hubungan Yang Tidak Disetujui:

1. Cari Penyebabnya. Sebelum Anda melangkah lebih jauh, ada baiknya berusaha untuk memahami apa sebenarnya penyebab orang tua Anda tidak menyetujui hubungan Anda dan tidak menyukai pacar Anda yang sangat Anda sayangi tersebut, mungkin karena fisiknya, sikapnya, pergaulannya, pekerjaannya, atau keyakinananya atau bahkan kekayaannya.

2. Coba Berkompromi dan Jangan Menutup Hati. Langkah selanjutnya adalah upaya Anda untuk menjembatani perbedaan atau kekurangan yang ada tersebut –tentu saja sejauh Anda mampu. Misalnya apakah pacara Anda bisa memperbaiki cara bergaulnya, berusaha mencari peluang kerja yang lebih baik atau memperbaiki penampilan fisiknya. Sebaliknya, Anda juga jangan menutup hati dan gelap mata menganggap pacar Anda adalah yang terbaik bagi Anda. Cinta memang membutakan, namun cinta kadang juga memiliki expiry date ada saatnya –cinta sesaat yang menggebu bisa luntur oleh waktu pula. Gunakan acuan ini untuk membuka hati Anda bahwa pacar Anda bukan harga mati bagi hidup Anda dan sebaliknya orangtua Anda (mungkin) memiliki pertimbangan realistis yang terbaik untuk masa depan Anda.

3. Gunakan Second Opinion. Ada baiknya Anda mengurangi konflik langsung dengan kedua orang tua Anda dengan mencoba meminta ‘bantuan’ dari orang-orang terdekat mereka seperti kakek, nenek, saudara terdekat atau rekan-rekan orang tua Anda. Sampaikan pada mereka bahwa Anda sangat menyayangi pacar Anda. Minta tolonglah pada mereka untuk melakukan pendekatan kepada orang tua Anda. Mereka –para kolega- akan menjadi second opinion bagi orang tua Anda untuk mengambil keputusan melarang atau mengijunkan hubungan Anda.

4. Bersabar. Setelah usaha yang telah Anda lakukan, selalu saja mentah dan nihil hasinya, maka ada masanya Anda memang harus bersabar, menunggu hati ayah-ibu Anda luluh terhadap kegigihan hubungan Anda. Beberapa mekanisme yang dapat ditempuh dalam rangka mencairkan hati orang tua misalnya adalah pacar Anda -tanpa mengenal lelah hati- tetap membantu dan terus menyayangi Anda di kala Anda tengah mengalami kesulitan, pacar Anda tetap menghormati ayah-ibu Anda meski apapun perlakuan yang ia terima, atau orang tuanya yang senantiasa mencoba menjalin tali silaturahmi dengan orang tua Anda.

58 Tanggapan so far »

  1. 1

    Rachman said,

    yang jadi masalahnya sekarang ni seluruh keluarga saya tidak ada yang menyetujui hubungan kami, jadi gimana niiiih???? aku tambah semakin pusing di buatnya….

  2. 2

    Shella aNindita Kasyah Aulia Putri said,

    ..zzz , aku dagh pernah cba ngomonk ke mamah aku , lug aku saiiank ke dya , begitu pun dya ke aku ..
    ..yg aku bgg.in , knp siih , gg ada restu dr oRtu aku ,
    ..padahal aku uda yakiin ma dya ,, tpi knp oRtu gg isa ngerti perasaan aku ,
    ..yg oRtu maw ,, aku pacaran or nikah sama org yg sederajat ,
    ..padahal , cinta itu kan nggamk peduli miskin too kaya , aku bgg ..
    ..kasii aku jauuaban yy ,, tnx ,,
    ..salam ,, :)

  3. 4

    lotta said,

    bertahun tahun jalani hubungan, apa mungkin umur yang menjembatani izin orang tua, umur terpaut 2 tahuun.

  4. 5

    devi kirana said,

    orang tua dari pacar saya tidak menyetujui saya berhubungan dengan anak nya…..
    alasan nya saya tidak tahu……. saya bingung cara mengatasinya gimana????? ditambah lagi pacar saya tidak tegas…. saya ingin masalah ini selesai secepatnya……. karna saya tidak sanggup menjalani ini semua…….. saya ingin bersama nya selamanya…. sampai maut memisahkan…..

    • 6

      eko said,

      sabar sob, semuanya akan baik-baik saja jika anda mau bersabar menunggu. yakin dan percaya aja, jika kalian memang tulus saling mencintai pasti ortu kalian akan memahami hal itu…..

      moga kalian di jodohkan

  5. 7

    JENNi said,

    aq utuh bantuan neh plend….
    tolong berikan AQ semangat utk menjalani hub AQ yang sedang tdk direstui ini…

    please………..

  6. 8

    reny said,

    aku sgt syg bgt m cwokq n kami berdua siap k jenjang pernikahan tpi ada halangan dr kakakq yg ga setuju dgn hubungan kami dgn alasan aq lum cukup umur karna umurq masih 23!!! pdahal ortu kami dah sling setuju,,aq harus gmn nich??????

  7. 9

    lauren said,

    semua keluarga saya tdk da yg ngerestuin dan kluarga pcr sya jga gag ngerestuin pa sbaiknya kbur n kawin

    • 10

      bass said,

      jangan !
      itu bukan solusi!
      aku juga lagi ngalamin hal yang sama..
      kalo kita beneran sayang,.. menikahlah dengan baik2.
      bersabar yuk,, kalo doi jodoh kamu, pasti dibukaain jalan. semangat!! :)

  8. 11

    wydy zencyy said,

    aq sekarang benar2 bingung.setela aq sama pacar aq uda benar2 pengen nika …e tau2 bapak dari pacar aq melarang ???? aq harus bagaimana ni,????aq sayang bangt ma dia ?????

  9. 12

    Fajris shadiqin said,

    Sedih banget jika hubungan kita ta’ direstui orang tua. . .lebih” hina’an yang akhirnya kita peroleh. . .!!!
    sama halnya yang terjadi padaku saat ini, , ,sudah g’dapat restu. . .mereka dah nyakitin hati aku, , ,lebih” hati orang tua aku. . . . .!!!
    aku sadar, , ,keluargaku tergolong orang tak punya apa”.. . .gk sama dengan mereka yang hidupnya serba terpenuhi. . .tapi, bukan berarti mereka dengan seenaknya menginjak injak harga diri kami. . . . . . .

  10. 13

    emy said,

    berbagai cara & usaha telah kami lakukan…bahkan pihak pria sdh mendatangkn kleuarga besar untuk bersilaturahmi…tp tetap aj ditolak mentah2….kami sempet pts asa…tp krn kami berniat serius dan menikah…kami tdk akan menyerah smpe disini…perjalanan msh jauh,,kami akan sabar…smpe nanti q lulus kuliah tdk direstui…mgkn kami akan kawin lari…

  11. 14

    noya said,

    saya juga punya masalah yang serupa. keluarga saya tidak merestui hanya kerana saya dan dia tinggal sekampung dan dia bukan daripada kakitangan kerajaan yang kononnya menjamin masa depanku. aduh… gie mana sihhh… sedih bangat nih… tapi aku tetap tidak berputus asa untuk mencapai impian.semoga akhirnya akan bersama dengan direstui keluarga. amen…

    • 15

      yesayacs said,

      gi mna y?aku px pcr tp kluargax slalu blang ke dia bwt cri cow yg baru n lbih dari aku..tp aku dah tnyakan ke pcrq u/ kwt hdapin smua///tapi krang mslahx aku mrsa kacau tiap dngr klo kluargax ngmg gt..

      • 16

        isriyani said,

        sabarr yea,
        w juga sma koqq nyokap w slalu ngebanding”in pcar w en mantan w, w ngerasa terkekang bngetttt

    • 17

      isriyani said,

      amiiiieeennnn w doa’in deccch
      moga dapet restu

  12. 18

    yesayacs said,

    coba aja aq ni kaya perfect smpurna…mngkin kluarga mrka g akn pndang aq sbelah mata…aq bngung ap hrus aq tngglin dia spya dia g kpikiran dia trus tiap kluargax nyuruh dia tuk cri yg lbih dari aq..aq syang bngt sama christine!!!aq harap swatu saat nti kluargax bklan ngubah cara pndang mrka ke aq!
    !

  13. 19

    zee said,

    Hubungan gw sm pacar udh 16bln.. Tetep gak dpt restu krn cowo gw dibawah gw 2thn,dy ade kls gw.. Skrg gw kuliah smster3 dy br msk kuliah.. Sedih bgt..alasannya dy msh kecil.. Tolong bantu.. =(

  14. 20

    isriyani said,

    yg jadi masalahnya mamh ku slalu membandingkan pacarku dengan mantan ku,
    mamh ku beranggapan kalau aku gk prnah bisa bhagia dgan pacarku yg sekarg, mamah bilang kalau aku lbih pantas dengan mantan ku coz sma dia aku bisa bhagia…

  15. 21

    aku juga ngalamin hal yang sama,
    tapi kami tetep perjuangkan itu,
    krna kami mmg sama2 ga mau pisah,
    kami punya prinsip, CUMA KEMATIAN YANG BISA MEMISAHKAN :D

    oya, gmna kalo om admin bikin grup di fb supaya kita yg pnya masalah yg sama bisa saling membantu, jadi kan enak tuh kalo sama2 punya masalah yang saama trus bisa saling share pengalaman :)

  16. 22

    ardi said,

    gue ga tau apa yg harus gue lakuin saat ni.
    ku benci ma orang yg sudah nentang hub.ku ma dia.yaitu bpanya yg so jual mahal.pdhal ku bner2 suka ma dia.!ku pngen hdup ma dia smpe mati.npa she ortu egois ga ska mkirin prsaan orang yg lgi jath cnta.???gue benci sumpah.
    pa ortu2 kita dulunya ga pernah pcran dan ngrsain prsaan yg skrg lgi q rsakan.

  17. 23

    gue ga tau apa yg harus gue lakuin saat ni.
    ku benci ma orang yg sudah nentang hub.ku ma dia.yaitu bpanya yg so jual mahal.pdhal ku bner2 suka ma dia.!ku pngen hdup ma dia smpe mati.npa she ortu egois ga ska mkirin prsaan orang yg lgi jath cnta.???gue benci sumpah.
    pa ortu2 kita dulunya ga pernah pcran dan ngrsain prsaan yg skrg lgi q rsakan.

  18. 24

    aku juga punya masalah yang sama… keluarga ku g ngebolehin karena masalah lingkungan pekerjaan calon saya, perbedaan akidah tapi masih satu agama dan hubungan kami jarak jauh…
    ortu saya tinggal satu2nya dan tak ingin jauh dari keluarga, padahal kami saling sayang dan berniat melangkah ke jenjang pernikahan tetapi tak dapat restu dari keluarga… saya sudah berusaha menjelaskan ke pihak keluarga saya, tetapi hasilnya nihil… mereka tidak mau mengenal calon saya terlebih dahulu dan tak mau mendengar penjelasan saya… saat ini saya hanya bisa berdoa semoga ini semua segera berakhir… harapan saya… saya tetap bersamanya tanpa menyakiti perasaan keluarga saya ataupun siapa saja dan mendapat restu dari keluarga terutama mama…

  19. 25

    Heppy Tobing said,

    iya nich…keluarga cowo ga merestui, ortuku g merestui jg, apalagi saudara2ku…dah gtu, aku minta lebih baik ga diterusin karena ga ada gunanya, cowoku malah ga mau…maunya ttp bertahan melihat keajaiban, masalahnya sih hubungan kami sdh 5 thn, aku sbnrnya sakit tnpa dia krn slama ini dialah yg bsa dbilang mmbuatku semangat dan menuruti smua mauku. Aku bilang kita berdosa begini terus, tp apa aja alasanku tuk brenti, dia ga mau….apa ga sulit tuch..sedangkan ketemuan aja udah ga boleh..bohong terus dong sm ortu bkin dosa…harus gimana ya??? intinya DIA GA MAU BERENTI.Toloooooong..aku cape…

  20. 26

    lakilaki aja said,

    emm….gw pnya mslh….
    awalnya gw dtg k t4 ce gw,,,disambut dengan baik oleh ortunya…tp stlh ke 2 x nya gw ksana,,,,ortunya gk mw nyalamin gw,,dan ibunya ce gw blg lok gw ne ank yg gak baik,,,knp gk dri prtma ngmg sprti tu, knp msti ngmg yg ke 2 x nya gw dtg……

    Give me solution??

  21. 27

    pri said,

    xl q ndx d’rztui krn kakek’x brsal dr kmpung aq jd cucu’x ndx leh kmbali /nkah dngn aq, apa mslah ne bnr2 ndx leh, tlng bntuan’x z…

  22. 28

    Rafi said,

    Waduhh… banyak amat yang coment kya gtu yah. ambil inti’y aja sih jalani apa adanya walaupun itu sulit bagi kita tapi dengan niat sungguh2 pasti ada jalan Qo yang terbaik buat hubungan kalian. Kadang apa yang menurut kita yang terbaik itu bukan yg terbaik menurut Allah.jadi jalani aja dan jangan lupa berdo’a berusaha tanpa itu semua kita gak bakalan tau akhir’y kaya gimna. ” TUHAN MENCIPTAKAN APA YANG ADA DI DUNIA INI BERPASANG2AN” jadi jangan takut kita ga bakal dapet jodoh, Sama aku juga kaya kalian jangan pnya pikiran yang macam2 hanya buat kita tambah bingung.. :)

  23. 29

    hilda said,

    Eahh aku juga sama hub.ku gk di sukain ama ortu cz aku suruh nyari yg lebih mapan lg k’tmbang yg skrg..pdhl dya jg dh punya k’rjaan tetap rmh dh ada..cuma ortu tetep kekeh klo bs cari yg dr financial’y lbh..emg niat dya baik k ank tp ank pun punya pilihan..di lain sisi aku sayank dya di lain sisi aku sayank ortu ku..apa yg hrs aku perbuat..

  24. 30

    chaza said,

    Setiap manusia diciptakan berpasang-pasangan….
    jadi jangan pernah putus asa dengan hub yg tidak direstui
    karena setiap kehidupan qt sudah ditentukan oleh yang maha kuasa

    Tetap semangat dalam menjalani kehidupan….

  25. 31

    efry said,

    bantuin aku donk
    aku punya pacar tpi nda di restui sama neneknya
    samapi-smpai neneknya bilng gini “nanti sya mati baru ini hubungan bisa jadi”
    tolong kasi tps nya donk

  26. 32

    fany lestaria said,

    Aku binggung bgt ak menjalani hubungan dgn cowok ku dh lama 1 th tp aku gak drestui ma ortu ku krn beda suku doank … masuk akal ga gr2 beda suku g di restui .. gmn solusi ny biar hubungan aku direstui ..

  27. 33

    Dwi Marina said,

    saya ga tau apa alasan org tua sya ga stuju dgn pilihan saya,,,,saya takut untuk ngmng langsung dgn org tua saya,,,bagimana ini……saya pusing dgn keadaan ini…

  28. 34

    tikha said,

    Orng tua q dah stuju,tp mngkin dr pihak laki” tidak setuju dngan sya..Pdahal Kmi ber-2 ingin mnikah tp orng tua pacar sya kyakx ga setuju dngan sya Apa krna sya tak Pnxa apa”..???q sngat ingin bersmanx

  29. 35

    rina said,

    aq jg ngalamin hal yg sma sperti kalian,gak di restui ortu tue rasanya sakit bgt.ap lgi aqu tdk di restui oleh ortu pcar aq.dgn alasan”aq bkn cw baik-baik”aq bingung,aq musti ngapaindt dan aq smpet mkir utk prgi jauh dri dia,tpi pcar aq bilang “qtta jalanin ajja dllu,sypha tau kdepannya adda jlan n bza brubah mnjadi suka”
    ok aq trutin ap kta dia,tpi stlah aq nrutin dia,dianya mlah brubah.2bln blakangan ini dia jddi dingin smma aq,jrang merhatiin aq lgi stiap aq tnya dia slalue mnjawab dgn alasan “sibbuk kerjja”
    ap skrg udda wkt’a aq lupain dia dan prgi jauh dari dia?
    mungkin dia berubah jugga krn memang faktor dri kluarga yg gx suka sma aq.
    lengkap sudah penderitaanku.
    mhon berikan solusi!!!
    thanx

  30. 36

    ebby said,

    aku sayang orangtuaku , tpi aku juga syang sma dirinya.
    itu tggal masalalu , dan jga bukan dia yang jadi mslah. itu om’nya bkan dia ..

    tolong , pahami jga apa kata hatiku ,,
    juju saat nii aku benar” hancur , rsanya aku pengen amnesia dan mlpakn sglanya.

  31. 37

    Echa said,

    4th lalu aku pacaran sm pcar perdana ku. tp udh ptus dan skrg deket lg. tp ortu’a ga stuju, gra” 2th lalu aku dan mantanku prnh mkan d warung ortu’a. pdhl yg ngjak mkn dsna mantan aku, aku gda mksud apa” mkan dsna.
    dan skrg mgkin ortu’a mandang aku bkn cewe yg baik.ortu’a lebih stuju kl pacar aku sm cewe sebelum aku skrg ..
    sedih bnget , bingung :( apa aku harus ngomng lgsung ke ortu’a nnyain kenapa hub kami ga disetujui ??
    tlg masukan’a dong. karna pacar aku jg jd diomelin mulu sm ortu’a kl msih deket”aku.

    • 38

      irvan fauzi said,

      Aduh bingung nih cewe saya dulunya penah ngomong sama orang tuanya berhubung waktu itu setiap cowo yg berhubungan dengan nya ga ada yg serius mak cewe saya bilang ≤udah pa ah sekarang mah siapa aja yg duluan datang ma bapa aja >nah setelah berjalanya waktu ga tau brapa bulan ketemu m saya dan menjalin hubungan kurang lebih 6 bulan dan kita sudah memutuskan tuk menjalini ke jejang pernikahan.cuma masalahnya 2 hari sebelum saya mau dateng kerumahnya uadah duluan ada yg dateng ke rumah orang tua cw saya.karna saya sangat mencintai cewe saya saya tetep dateng ke rumah cewe saya dan jawaban orang tua cewe saya.bukanya bapak nolak cuma anak bapa pernah ngomong ma bapa bahwa siapa aja yg duluan dateng.
      Singkat cerita saya nanya lagi ma cewe saya kamu mau milih siapa?jawab cewe saya aq akan milih aa.tapi saya bingung bpa saya bilang kamu harus beljar dewasa dan harus belajar tanggungjawab ma ucapan kamu.
      Apa yang harus saya dan cewe saya lakukan mohon bantuannya!

  32. 39

    phipit said,

    sudah 1 thn lbih aq menjalani prnikahan ini,tnpa restu dri ortu suami,,,,
    bhkn smpe skrng mrka tak merestui jga…..
    t’nyta prnikahan tnpa restu dri ortu sngat berat cobaan’x……
    sekarng cinta Q berada di ujung tanduk. ( sudah talak 1 ) :’(

    • 40

      lia said,

      kmi sud pcrn 2thn,ayah dri cwok sya bilang sya tdk pantas karena katanya iman sya tidak kuat.pdhl sya sudah berusaha sebaik mngkin dimata beliau,bukankah tuhan yg tau kuat atau tdknya iman seseorang?dan yg paling skit semua ini karna saya blm siap berjilbab

  33. 41

    tika said,

    saya udh pcran 2thun.
    qt pcran scr diem2 krn dr pihk
    keluarga saya tidk setuju krn mrka mlht
    dr segi pendidikan y ,saya S1 dia SMA.
    kluaga sllu mau sya jd yg lbh dr kk saya. krna kk perempuan sya nikah sm org yg pndidikan SMA dan smpe saat nh msih tnggl di rmah pihak cwe, dan ortu sy g mau terulang kmbli.
    tp sya syg bgt sm pcr.
    keluarga mau ttp dia kuliah, tp pcr saya tidak mau kuliah. krn kt pcr sy blg smw org bsa sukses
    bkn yg bsa sukses org yg berpendidikn
    ajh…
    keluarga mau saya cri yg lbh.
    apa sih yg kalian lakuin untuk
    dtnjkin k org tua biar pcr dtrima krn
    dia g kuliah?
    apa hubungn nh hrus dslsaikan? ?
    dan bgaimn merubah cra pemikran y agar dia mau kuliah?

  34. 42

    yohana said,

    kta ibuny pcarku (mntan seh tepatny skrg udah ptus) dia dsruh ptus. soalny suruh cari psgan yg mapan. sakit hatiny aku. ktany cnta g mndang status sosial. bahkan dia lgsg tinggalin aku gtu aja nurutin kemauan ibunya.

  35. 43

    aku bingung dengan hubungan ku yang g di restui karena beda keyakinan

  36. 45

    Citra said,

    udah 2taun aku pacaran sama dia. ortu dari dia sendiri udah boleh2 aja, tp ortu aku sob ga pernah mau ngijinin aku pacaran, aku bingung, padahal hati ini udah nyaman banget sama diya. udah pernah coba nyerah untuk mengakhiri hubungan ini, tapi ttep lanjut, aku udah banyak sabar ngadepin ortu aku apalagi ayah, ayah yang ga pernah ngijinin aku pacaran, padahal aku udah kelas 2SMA. gimana buat bisa ngelunturin hati ayah biar ayah ngebolehin aku pacaran sama dia. udah cape sob blackstret mulu, banyak boongnyaa

    • 46

      fafha said,

      sama .. akuku punn jugha begituu namuun zyangnya akkku haruz tinggalkan dya demi ortuku .. klo q suda 2 thuun setengh ngjlniin hubgn inii ,,, usiakuu jugha sama sperti kamu … kita sabar aja laaah .. mungkin ortu kita sama” menhgingkn yang terbaik untuk anaknya …

  37. 47

    aku dan cwoku saling mencintai,tetapi orang tua cwoku tidak merestui kamu,masalahnya hanya karna suku .aku harus bagaimana ?

  38. 48

    Orangtua aku ngak merestui bhungan cintaku terhadap pasanganku. Di karnakan orangtua pcr aku sdikit kurang waras/seperti orang gila. Apakah orangtuaku salah melarangku pcran/menikahinya. Trimakasi. Mohon balasannyj

  39. 49

    ipoel said,

    w mnta solusi donk…
    hubungan w ga d restuin ne karna beda suku…
    trus w sayank bnget sma dia…
    w pngen hdup mati w sma dia…
    yg lbih prqhnya dia udh mw nyrah gitu ja…
    bnyak gangguan jga dri mntan2nya…
    katany suku dia ga da yg bner…
    gmn donk bantu w…

  40. 50

    ipoel said,

    gmn klo msalahnya beda suku…trus bnyak yg blng negatif matre dan bnyk rata2 kya gtu…
    yg bkin ssah krna udh da bkti…
    blz gan

  41. 51

    Ya Allah..” aq Mau Curhat nie.., GUys..” Aq usia 25jalan ..’Kekasihku 24jalan dan kita dah pacaran jalan 3 tahun nie , eh kalo ortunya ceweku dah kasih lampu ijo buat kita jalan meskipun dr “pihak keluargaku dan terutama ibuku..’ lum kasih reztunya itu yg jd omongan dr keluarga ceweku ampe sekarang malahan “Ibunya ceweku malah jd lampu was2 lampu kuning ampir “Merah nie gara2 kepikiran nasib kedepannya kalo ibuku lum kasih restunya ke “hubunganku yg dah” 3 tahun nie ..’ Gimana eaa, sehari lagi harus bisa perjuangin ” hubungan nie, ampe ceweku bilang dah jgn dilanjutin kata Bukne dia dimarahin kalo dilanjutin malah ga jelas katanya “Ya Robi.. malah mumet kepalaku..’ minta “BREAK” truz malah ceweku takut problem kedepan, malah ragu2 dan ga ada keyakinan sama sekali.., astaga jd ga ada kepercayaan sama Aq lg kayaknya ..di Hp sms minta “PUTUS” truz mumet kepala…??!

    • 52

      jaz said,

      cinta itu indah dan bisa membuat hidup lebih bersemangat dan lebih baik. Bila ternyata cinta yang kita jalani sekarang ini memang benar-benar membuat hidup kita lebih baik
      lebih nyaman
      dan pacar kita benar-benar sayang sama kita dan memberikan efek positif pada kehidupan kita
      sudah sewajarnya kita mempertahankan hubungan cinta ini
      meskipun orang tua tidak setuju.
      Tapi ketika hubungan cinta dirasakan mulai “membahayakan” kehidupan pribadi kita
      ada baiknya kita berpikir ulang
      apakah perlu kita mempertahankan cinta ini? Perlu diingat baik-baik
      kita tidak harus kehilangan hidup kita hanya karena kita jatuh cinta dan membina sebuah hubungan. Keluarga
      teman dan kuliah atau sekolah kita
      masih sangat penting bagi kehidupan kita. Membina sebuah hubungan cinta
      tidak berarti bahwa kita mesti kehilangan itu semua. Bila kita mulai merasakan bahwa kita mulai kehilangan hidup kita
      sudah waktunya kita berpikir untuk mengakhiri hubungan cinta ini.

      Orang tua selalu mengharapkan yang terbaik buat kita
      hadapilah ketidaksetujuan orang tua dengan kepala dingin dan sikap yang kooperatif. Boleh jadi mereka tidak suka dengan pacar kita
      tapi suatu hari nanti mereka pasti akan bisa menerima hubungan cinta kita
      bila kita mampu membuktikan bahwa apa yang kita lakukan bisa membuat kehidupan kita lebih baik dan lebih indah untuk dijalani.

  42. 53

    olla said,

    sakit banget klu dipisahin gini,

  43. 54

    yuifa said,

    huft… aQ cari solusi yh coba ajh dh dlu… ortu bakal ngerti cepat atw lambat mau anaknya gmn… :(
    doain yh sob…. aq btuh doa nih

  44. 55

    aku juga tak habis pikir kira2 bagaimana kalau udah menikah secara hukum agama dan negara yang mau piptuskan begitu saja pernikahannya hanya karena adanya segelintir orang yang kurang merestui perkawinan mereka, padahal cuma sepupu aja kan lucu ya, itulah yang aku alami, tadi aku juga masa bodoh yang penting kehidupan keluarga kami harmonis masa bodoh dengan orang lain toh kami juga tdk mengemis pada mereka.

  45. 56

    ega said,

    Tapi bagimana jika orang tua saya sangat membenci pasangan saya, sehinga sangat sulit untuk membicarakannya?

  46. 57

    wita said,

    sedih rasanya lau hubungan itu gak ada rstu dari org tua,sama kyk q,cow q gak direstui ma mama q pdhal q uda syang x ma dia,tpi q gak tau nemuin solusi yg tepat buat q supaya mama q merestui hubungan kami

  47. 58

    muningarnya mayang said,

    orang tuaku menghina cz badanya kecil dan jelek mukanya.. dan melarang q untuk berhubungan dengan coow ku..mereka minta q harus punya pendamping yg wajahnya tampan berpangkat dan punya pensiunan..
    ap harus getu ya atranya???


Comment RSS · TrackBack URI

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: